Design: Berguru Cepat Mengenal Hidangan Di Ms. Ofice Word



Di sini Anda akan mulai berguru tutorial MS Office Word dengan klarifikasi per hidangan Bar dan icon-icon yang ada di dalamnya. Dimulai dari hidangan Home yang berisi teknik dasar mengetik di microsoft word, hingga pada hidangan Insert dan Page Layout. Hanya saja kita tidak menjelaskan semua menunya, menyerupai references dan sebagainya alasannya beberapa jarang digunakan, apalagi kalau hanya untuk mengerjakan kiprah ringan yang tidak butuh pengaturan khusus.
a. Home
Bagian Home yaitu hidangan yang paling pertama dan paling dulu aktif ketika kita pertama kali membuka Microsoft Word, sehingga bab ini pula yang menjadi bab paling penting dalam berguru MS Word. Kaprikornus tanpa diapa-apakan pribadi terbuka. Fungsi menunya pun merupakan yang paling banyak dipakai untuk tujuan pengetikan standar, menyerupai merubah font, ukuran tulisan, warna, mempertebal tulisan, mengatur posisi paragraf dan lain sebagainya. Berikut penjelasannya: 

  • Cara Mengganti Font / Jenis Tulisan : Pada gambar pertama di atas perhatikan bulat yang ditandai dengan angka 1. Nah, cukup klik tanda menyerupai ujung anak panah di sampingnya biar semua jenisnya pribadi tampak. Tapi sebelum itu, blok dulu kata, kalimat atau paragraf yang akan dirubah jenis hurufnya supaya tools ini dapat bekerja. Cara memblok goresan pena yaitu dengan cara klik di samping goresan pena yang akan diblok kemudian tekan dan tarik hingga tamat kata yang akan dipilih, sesudah itu gres mulai mengganti fontnya.
  • Cara mempertebal (bold), memiringkan (italic) dan memberi baris bawah pada kata (underline) – Tutorial MS Word ini dilakukan untuk memperjelas atau memberi tanda pada kata penting. Caranya blok dulu tulisannya kemudian gunakan tools yang ada di dalam bulat yang ditandai dengan angka 2.
  • Memberi angka atau abjad pada daftar tertentu – Misalnya saja kau mau buat resep kuliner dan menunya terdiri dari aneka macam bahan, maka supaya listnya diberi angka atau abjad di awalnya maka cara ini digunakan. Adapun caranya yaitu dengan memblok semua kalimatnya kemudian pada bulat yang ditandai dengan angka 3 di atas tinggal pilih dan klik jenis bullet and numbering-nya.
  • Cara Mengatur posisi paragraf – Kalau kau mau menulis tulisannya rata kiri, kanan, tengah atau rata semua kiri dan kanan maka bab pada bulat nomor 4 di atas yang digunakan. Caranya simple sekali, klik sekali saja pada paragraf atau kalimatnya kemudian gunakan salah satu tools dalam bulat no 4 tersebut. Biasanya kalau menciptakan judul dipilih yang ‘center’ biar lebih menarik.
b. Insert
Menu Insert fungsinya untuk memasukkan data atau pengaturan dalam ketikan dan yang paling lazim menyerupai cara menciptakan tabel, menambah gambar, grafik, aneka macam bentuk gambar kotak, bulat dll, memberi link dalam tulisan, menambahkan catatan kaki dan header atau cop pada surat, dan sebagainya yang semuanya penting dilakukan untuk melengkapi goresan pena yang kita buat lewat MS Office. Untuk melaksanakan semua langkah di bawah maka kau harus melaksanakan langkah ini : Klik Insert >> kemudian klik Icon yang disebutkan di bawah.

  • Bikin Tabel – Untuk dapat menciptakan tabel maka perhatikan pada gambar ke dua di atas yang diberi angka 1. Cukup klik kemudian tarik ke samping kanan untuk menambah jumlah kolomnya dan tarik ke bawah untuk menambah baris tabelnya.
  • Memasukkan gambar – Sebenarnya dengan cara copy-paste saja bisa, tapi kalau mau yang sesuai mekanisme cukup klik pada icon nomor 2 di atas.
  • Clip Art – Yang ditandai angka 3 di atas. Gunanya untuk memasukkan media apa saja, bukan hanya gambar, video dan file lainnya.
  • Shapes (nomor 4) – Ikon ini dipakai untuk keperluan menciptakan aneka macam gambar dasar berbentuk kotak, linkaran, setengha lingkaran, bintang dan lainnya. Caranya cukup klik saja maka otomasis kursor yang digerakkan akan membentuk gambar tersebut. Adapun ukurannya menyesuaikan dengan tarikan kursornya.
  • Cara menciptakan grafik – Dalam berguru MS Word, menciptakan grafik yaitu salah satu tutorial penting alasannya sering dipakai untuk penulisan data, menyerupai data penjualan, karyawan dan sebagainya. Toolsnya ada pada angka 5 di gambar kedua di atas. Caranya cukup klik kemudian pilih modelnya dan terakhir klik ‘Ok’. Adapun pengaturannya akan dijelaskan lebih lengkap dalam halaman lain.
  • Cara Memberi Link Pada Tulisan di MS Office – Hyperlink yang ditandai dengan nomor 6 di atas dipakai jikalau dalam artikelnya ingin diberi link website yang ketika diklik akan pribadi masuk ke webnya selama komputernya tersembung dengan internet.
  • Bikin Header, Footer dan Menambah Nomor Halaman – Kalau buat kop surat baiknya jangan manual tapi gunakan icon ini. Pada gambar dengan tanda no. 7 klik goresan pena ‘Header’ untuk mulai menambah kolom khusus di atas ms office yang kau gunakan. Tapi ketika diklik akan ada beberapa pilihan, menyerupai posisi tengah atas, samping dan bawah atau yang dipojok kiri atas dan bawah. Demikian juga pada Footer / Catatan Kaki dan untuk memberi nomor halaman file kerja microsoft wordnya.
  • Symbol (no. 8) yaitu untuk menambahkan simbol kecil ketika mengetik, apakah itu berupa gambar unik, tanda, atau pun abjad tertentu yang tidak ada dalam jenis font yang disediakan. Caranya cukup klik kemudian pilih yang sesuai yang kau cari.
c. Page Layout
Pada hidangan Page Layout ini kau tidak lagi berurusan soal berguru MS Word pada teknik penulisannya, tapi sudah masuk ke pengaturan hasil ketikanmu. Beberapa yang dilakukan yaitu memilih margin (batas tepi pengetikan di atas, samping dan bawah), mengatur spasi, bentuk lembaran apakah memanjang atau melebar, memilih ukuran kertas, dan juga kolom goresan pena apakah hanya 1 kolom atau dibentuk menyerupai suratkbar dan masih banyak lagi. 

  • Margins – Untuk mengatur lebar batas goresan pena di atas, samping kiri dan kanan serta bawah. Maksudnya kita mengatur supaya pengetikan berhenti hingga pada garis yang ditentukan dan supaya terlihat rapi. Caranya, klik pada icon dengan tanda no 1 di atas kemudian atur angkanya sesuai selera.
  • Orientation – Ini untuk mengatur bentuk penulisannya apakah melebar atau memanjang ke bawah. Ini juga akan berfungsi untuk mengatur hasil print ketikanmu di microsoft office yang mana tampilan tulisannya apakah melebar atau memanjang pada kertas HVS yang dipakai untuk mencetak. Caranya cukup klik dan pilih salah satunya.
  • Size – Cara mengatur ukuran kertas apakah HVS (A4) atau Folio, Letter atau Legal yaitu dengan memakai icon dalam insert yang nomor 3 di atas. Biasanya untuk kiprah sekolah menyerupai menciptakan makalah dipakai A4 atau Letter.
  • Columns – Funsi icon Columns ini yaitu untuk menciptakan tulisannya berkolom-kolom menyerupai layaknya goresan pena surat kabar. Jika tidak ingin memakai ini maka tidak usah diklik alasannya otomatis setiap halaman di ms word pribadi dalam bentuk 1 kolom.
  • Indent – Untuk Mengatur posisi paragraf apakah agak masuk atau dibentuk pas pada marginnya maka icon dengan tanda nagka 5 ini yang digunakan. Tinggal coba atur dengan merubah angka pada Left dan Right-nya.
  • Spacing – Cara mengatur spasi goresan pena dari ketikan yaitu dengan memakai tool angka 6 di gambar ke tiga di atas. Before artinya spasi sebelum paragrafnya dan After yaitu setelahnya.
Mengenai Menu Bar yang lain seperti, References, Mailings, Review, View, Add-Ins, dan Acrobat dapat dibilang jarang dipakai untuk tujuan pengetikan dasar, kecuali untuk tujuan tertentu, menyerupai mengetahui jumlah karakter pada hidangan Review >> Word Count atau Add-Ins untuk memakai aplikasi yang diinstall ke dalamnya menyerupai Al-Qur’an in Word dan sebagainya. 
 " berguru dari bersahabat kita hadapi,hingga jauh yang kita pandangi "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel