Soal Hots Cpns 2020 : Kegiatan Dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Gres Stis 2019/2020 (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru STIS 2019/2020. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula berjulukan Akademi Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan acara D-IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) semenjak tahun 1958. STIS mengemban visi menjadi forum pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk menyebarkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang mempunyai kemampuan akademik/profesional. Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang bisa merencanakan dan melaksanakan penelitian, melaksanakan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan dan menyebarkan sistem informasi.


Baca Juga Contoh / Latihan soal Tes atau Ujian Masuk STIS  ---disini

Kurikulum dibentuk sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial, dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada pengembangan ketrampilan di bidang statistik dan komputasi statistik. STIS mempunyai dua acara studi: Program Studi Statistika – dengan dua bidang peminatan, yaitu Ekonomi dan Sosial Kependudukan – dan Program Studi Komputasi Statistik. Program Studi Statistika menghasilkan tenaga hebat statistik ekonomi serta tenaga hebat statistik sosial-kependudukan, dan Program Studi Komputasi Statistik menghasilkan tenaga hebat komputasi dan sistem informasi.

Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran STISTahun 2019/2020. Sebagai satu-satu perguruan tinggi kedinasan di bawah Badan Pusat Statistik, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) telah mengalami perubahan bentuk kelembagaan menjadi Politeknik Statistika STIS pada tahun 2017.  Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reforniasi Birokrasi Nomor B/373/M.SM.01.0O/2019 ihwal Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dan Siswa/Siswi STIS Tahun Anggaran 2019, Politeknik Statistika STIS - Badan Pusat Statistik akan mendapatkan kembali mahasiswa gres tahun akademik 2019/2020 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 600 orang dengan rincian;
a. Program Stud, Statist,ka Program Diploma II (150 mahasiswa)
b. Program Studi Statistika Program Diploma IV (300 mahasiswa)
c. Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV (150 mahasiswa)
Lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II/c dan akan ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia. Lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan III/a dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/lnstansi lainnya di seluruh wilayah Indonesia. Selama masa pendidikan, mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan (tanpa uang saku).

PENERIMAAN MAHASISWA BARU POLSTAT STIS 2019/2020 

 
I. SISTEM SELEKSI
Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun akademik 2019/2020 ikatan dinas dilakukan dalam 4 (empat) tahap sebagai berikut:
a. Tahap I : Tes Akademik (Matematika), memakai sistem Ujian Berbasis Komputer.
b. Tahap II : Seteksi Kompetensi Dasar, memakai sistem Computer Assisted Test (CAT) diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) berkoordinasi dengan Politeknik Statistika STIS.
c. Tahap III : Psikotes.
d. TahaplV : TesKesehatandanKebugaran.
Pada setiap tahapan berlaku sistem gugur.

II. PERSYARATAN IKATAN DINAS
Untuk sanggup mengikuti proses seleksi PMB Politeknik Statistika STIS, peserta memenuhi syarat-syarat berikut:

A. Persyaratan Umum
1) Sehat jasmani dan rohani (dapat atau Iayak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna (balk total maupun parsial) dan bebas narkoba;
2) lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS; atau
3) Calon lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2018/2019 kelas XII;
4) Nilai Matematika dan Bahasa lnggris minimal 70,00 (skala 1-100) atau 2,80 (skala 1-4,00) pada rapor kelas XII semester I;
5) Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2019;
6) Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Pohteknik Statistika STIS hingga dengan pengangkatan PNS;
7) Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
8) Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;
9) Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan rnengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
10) Setelah Pulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lernbaga/Instansi Iainnya sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia hingga tingkat Kabupaten/Kota;

B. Persyaratan Khusus untuk Program Diploma Ill
Asal SMA/MA peserta dan Provinsi di seluruh Indonesia kecuali provinsi di Pulau Jawa dan Bali yang dibuktikan dengan salman ijazah/Rapor SMA/MA.

Ill. PROSEDUR PENDAFTARAN
Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui Internet dan sanggup dilakukan dan mana pun, dengan cara sebagai berikut:
a. Pendaftar mengakses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id kemudian menciptakan akun dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).
b. Pendaftar login kembali ke SSCASN dengan memakai NIK dan password yang telah didaftarkan.
c. Pendaftar menentukan Sekolah Kedinasan Pohteknik Statistika STIS dan melengkapi biodata din.
d. Pendaftar menuntaskan registrasi dengan mengecek Resume dan mencetak Bukti Pendaftaran.
e. Pendaftar mengakses portal SPMB Politeknik Statistika STIS ( https://spmb.stis.ac.id ) dan login memakai NIK dan password sesuai dengan portal SSCASN.
f. Setelah login, pendaftar akan mendapatkan Kode Pembayaran dan diminta untuk memvenifikasi email.
g. Pendaftar membayar biaya seleksi dengan memakai Kode Pembayaran tersebut melalui Bank BRI sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan.
h. Setelah melaksanakan pembayaran, pendaftar kembali login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).
i. Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.
j. Waktu dan lokasi tes akan diumumkan melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS.

IV. BIAVA SELEKSI
Calon peserta dikenakan biaya seleksi sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) menurut PP nomor 63 Tahun 2016 ihwal Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Biaya seleksi dan biaya manajemen bank yang telah dibayarkan, tidak sanggup ditarik kembali dengan alasan apa pun.

V. JADWAL KEG IATAN
Jadwal Kegiatan PMB Politeknik Statistika STIS Tahun 2019

Jadwal Kegiatan PMB Politeknik Statistika STIS Tahun 2019


VI. LOKASI UJIAN
Lokasi ujian di 34 ibukota provinsi seluruh Indonesia.

VII. WEBSITE RESMI DAN ALAMAT PANITIA PELAKSANA
a. Segala inforrnasi mengenai PMB Politeknik Statistika STIS sanggup diakses melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id)  dan media umum twitter: @STISJKT; fanpage facebook: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Official); Instagram: @polstatstis.
b. Alamat Panitia Pusat ialah di Kampus Politeknik Statistika STIS, Jalan Otto Iskandardinata No. 64C Jakarta Timur 13330. TeIp: (021) 8508812, 8191437, Fax: 8197577. Hotine PMB TeIp: (021) 85900884. (Jam Kerja Senin - Jumat, Pukul 08.00 WIB - 15.30 WIB)
c. Alamat Panitia Daerah ialah di Kantor BPS Provinsi di seluruh Indonesia (kecuali BPS Provinsi DKI Jakarta). Alamat Kantor BPS Provinsi bisa dllihat di Website BPS di http://www.bps.go.id.

VIII. LAIN-LAIN
a. Calon peserta hanya boleh melamar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga sesuai Pengumuman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor B/393/S.SM .01.00/2019.
b. Segala pertanyaan terkait seleksi PMB hanya dilayani rnelalui portal helpdesk dengan alamat https://helpdesk.stis.ac.id
c. Keputusan panitia penerimaan mahasiswa gres tidak sanggup diganggu gugat.
d. Apabila peserta ujian memperlihatkan keterangan atau data yang tidak benar, dan dikemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun sehabis menjadi mahasiswa, Politeknik Statistika STIS berhak membatalkan kelulusan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan/atau mengeluarkan yang bersangkutan dari pendidikan.
e. Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan PMB Politeknik Statistika STIS akan diinformasikan melalui Website Politeknik Statistika STIS, Kantor BPS Provinsi,, dan Kampus Politeknik Statistika STIS.
f. Politeknik Statistika STIS tidak menerbitkan pembahasan soal-soal seleksi tahun-tahun sebelumnya, tidak menciptakan prediksi soal tahun ini, serta tidak menyelenggarakan dan tidak bekerja sama dengan bimbingan berguru manapun termasuk dengan UKM BIMBEL/BIUS.

Download Latihan soal Tes atau Ujian Masuk STIS  ---disini

Demikian update isu ihwal Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran STIS Tahun 2019/2020, semoga bermanfaat. Terima kasih. 


================================


= Baca Juga =



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel