Design: Mengolah Data Hasil Ulangan (Jumlah,Rata-Rata,Rangking Dan Kelulusan) Dengan Cepat

Dengan adanya teknologi kita benar benar dimudahkan dan diringankan dalam setiap acara kita . Misalkan saja kita yang setiap harinya bekerja dikantoran sekolah dan lain sebaginya tentu tidak abnormal dengan komputer sebagai alat bantu kita dalam meringankan pekerjaan dikantor diantaranya yakni penghitungan dan pengolahan data secara sempurna efisien.
Untuk itu pada kesempatan ini kita akan membahas pengolahan nilai hasil ulangan atau ujian siswa dengan memakai rumusan microsoft exel.
Disini kita akan menciptakan pengolahan data pada hasil ujian siswa disekolah. Untuk itu kita akan berguru menghitung jumlah nilai, nilai rata-rata, ranking dan keterangan lulus atau tidak lulus siswa dalam menempuh ujian dengan memakai rumusan rumusan singkat pada microsoft office (excel)
eksklusif saja berikut cara- cara sebagai berikut.
Misalkan : buatlah data-data sebagai berikut


Dengan adanya teknologi kita benar benar dimudahkan dan diringankan dalam setiap acara  Design:  Mengolah data hasil ulangan (jumlah,rata-rata,rangking dan kelulusan) dengan cepat
Selanjutnya kita buat rumusnya :
pada kolom Jumlah Nilai / Pada cell G6 ketikan rumus  =SUM(C6:F6)
SUM dipakai untuk menjumlahan dari cell C6 hingga sell F6,lalu  Enter dan kemudian tarik drag kebawah sehingga kita tidak perlu menuliskan satu persatu rumusannya.

Pada kolom Rata-Rata atau Pada cell H6 ketikan rumus =AVERAGE(C6:F6) kemudian tarik drag kebawah sehingga kita tidak perlu menuliskan satu persatu rumusannya.
AVERAGE untuk mencari nilai rata - rata dari cell(kolom) C6 hingga dengan cell(kolom) F6

pada kolom Kelulusan atau  Pada cell I6 ketikan rumus =IF(H6<6;”Tidak Lulus”;”Lulus”) 
kemudian tarik drag kebawah (ket : sebagai pola siswa tidak lulus jikalau nilai dibawah enam)
Artinya: jikalau hasil nilai rata-rata siswa (yang di kolom H6) kurang dari 6, maka tidak lulus dan jikalau nilai di kolom H6 (rata-rata nilai siswa) lebih dari 6 maka siswa tersebut lulus. kurang lebih rumusan diastas membacanya ibarat itu.

pada kolom Ranking atau Pada cell J6 ketikan rumus =RANK(G6;$G$6:$G$9) kemudian tarik drag kebawah
(ket : jangan lupa gunakan $ )
artinya pada kolom Rangking (cell J) akan membaca jumlah nilai tertinggi dikolom G6 (jumlah nilai) hingga kebawah kolom G9 (sejumlah banyak siswa.) jumlah nilai tertinggi akan menjadi peringkat pertama dan jumlah nilai terandah akan menjadi peringkat terbawah.

Kurang lebih akibatnya ibarat berikut sesudah kita melakukannya dengan benar.
Dengan adanya teknologi kita benar benar dimudahkan dan diringankan dalam setiap acara  Design:  Mengolah data hasil ulangan (jumlah,rata-rata,rangking dan kelulusan) dengan cepat


Demikian pembahasan microsoft office (excel) mengenai pembahasan pengolahan data hasil ulangan atau ujian siswa secara cepat. Belajar dari Dekat yang kita Hadapi hingga Jauh yang kita Pandangi.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel