Tas: Cara Mengubah Password Dan Username Dapodik 2020

Masing-masing GTK / PTK / Guru bertanggung jawab atas datanya sendiri pada sistem atau aplikasi dapodik. GTK ialah abreviasi dari Guru Tenaga Kependidikan, PTK ialah abreviasi Pendidik Tenaga Kependidikan dan kedua istilah ini sama. Untuk itu tiap guru atau pegawai yang ada di sekolah memiliki akun username dan password masing-masing. Username dapodik ialah alamat email, dan password ialah sandi untuk login, password ini berbeda dengan password email. Pada postingan ini, tasadmin.id akan share bagaimana cara mengubah password dan username dapodik.
 bertanggung jawab atas datanya sendiri pada sistem atau aplikasi dapodik TAS:  Cara Mengubah Password dan Username Dapodik 2020
tampilan login dapodik 2020

1. Cara mengganti Username dan Password Operator

Untuk username dan password operator dapodik hanya sanggup diganti melalui operator dinas pendidikan setempat. Silahkan tiba ke dinas untuk minta bantu menggantinya.

2. Mengganti Password GTK / PTK / Guru

Untuk mengubah / mengganti password GTK/PTK/Guru sanggup dengan cara login operator.

  1. Masuk sajian "GTK" --- Pilih "Guru" atau "Tendik"
  2. Pilih Guru yang akan diganti passwordnya --- "Penugasan"
  3. Lanjut "Buat/Ubah Akun PTK" --- masukan passwod gres --- "Simpan"

Password yang dimasukan bukan berarti password yang sama dengan password orisinil email PTK. Diharapkan semoga PTK sendiri yang memasukan password tersebut. Akun ini akan dipakai oleh PTK untuk keperluan transaksi semua aplikasi yang dikelola oleh Ditjen GTK. Akun pengguna PTK hanya sanggup dipakai untuk PTK yang berada di sekolah induk.

Pada aplikasi Dapodik 2020, ketika PTK/GTK gres pertama login memakai akunnya maka akan diharuskan untuk mengubah password gres dengan ketentuan password harus menggandung aksara Kapital/Huruf Besar, aksara kecil, dan angka.

3. Mengganti Username GTK / PTK / Guru

Untuk mengganti username sanggup melalui login Operator Sekolah sebagai berikut:

  1. Login memakai username dan password akun operator
  2. Masuk sajian "Pengaturan" 
  3. Pilih "Manajemen Pengguna"
  4. Kemudian Anda akan disuruh memaskukan Kode Registrasi Sekolah (Koreg) dapodik --- "OK"
  5. Selanjutnya akan muncul jendela pengguna, pilih / ganti pada opsi sort yang ada pada pojok kanan atas pilih: "GTK"
  6. Kemudian klik pada akun yang akan diganti usernamenya, pilih "Ubah"
  7. Lanjut ganti username/email --- "Simpan"

4. Username akun Operator dan GTK/Guru Sama

Meskipun pada aplikasi dapodik 2020 di sajian Profil pengguna sanggup menentukan PTK (bila operator PTK) jangan memakai username/email yang sama alasannya ialah menjadi tidak sanggup menyimpan apabila edit data Guru/GTK/PTK.

Lalu bagaimana caranya mengubah username email antara akun operator dan GTK yang sama?


  1. Masuk pada sajian "Profil Pengguna"
  2. Pada isian "PTK (Bila Operator ialah PTK" kosongkan saja kemudian simpan.
  3. Lanjut ke sajian Pengaturan --- Manajemen Pengguna --- Ubah username/email GTK



Praktis bukan? Akun dapodik ini dipakai untuk beberapa hal, diantaranya:

Karena aplikasi dapodik berbasis web maka sanggup dibuka tolong-menolong di perangkat lain menyerupai laptop/komputer/handphone yang masih dalam satu jaringan. Pelajari: Cara membuka dapodik di laptop lain

Saran
Dikarenakan untuk ketika ini operator sekolah masing menjadi pelaku utama dalam pendataan dapodik, semoga gampang buatkan password PTK dengan yang gampang diingat contohnya delapan angka NIP dari depan dan kombinasi huruf, pun bekerjsama password harusnya rahasia, hehehe. Kalau dibentuk password berbeda masing-masing guru jikalau lupa akan kesulitan, dan akan dua kali kerja.

Nah, demikianlah perihal cara mengganti username dan password pada dapodik untuk sanggup login akun masing-masing guru / GTK / PTK. Smoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel