Tas: Kerjaan Operator Sekolah Entri Data Dapodik

Pada postingan ini aku akan nglindur saja menulis ihwal apa yang aku pikirkan ihwal pekerjaan aku sebagai operator sekolah suatu sekolah dasar. Sebenarnya status operator sekolah itu ngambang. Tidak ada operator sekolah adanya petugas pendataan. Mungkin pekerjaan entri data ini kalau di jenjang Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengan Atas dikerjakan oleh Tata Usaha (TU).

Setiap semester aplikasi dapodik selalu memperbaharui versinya baik berupa updater dan installer. Updater digunakan untuk perubahan kecil pada aplikasi sehingga tidak perlu install ulang. Versi fresh installer artinya kita harus menginstall ulang aplikasi dapodik istilah kerennya yaitu inul hehehe.

Disetiap awal rilis aplikasi dapodik dalam bentuk installer ini kadang bikin gregetan juga alasannya yaitu website resmi dapodik tidak sanggup dibuka dengan lancar bahkan error. Ini dikarenakan banyaknya operator yang sedang mengakses halaman tersebut. Selain kesulitan untuk mendownload file installer operator perlu mengunduh file prefill. Operator sanggup instal dapodik tanpa unduh prefill yaitu dengan cara pendaftaran online. Namun alasannya yaitu masih awal rilis kemungkinan server pendaftaran online juga sedang di serbu operator. Hehehe

Saya sudah berhasil install dan pendaftaran dapodik, awalnya aku juga galau alasannya yaitu aplikasi sanggup dibuka dan login tapi beberapa ketika eksklusif loggout alasannya yaitu muncul keterangan Terdeteksi versi Database 2.98d. Saya sempat galau juga dan coba install ulang. Dan sesudah diinstall ulang ternyata sama masih gak bisa... dan ternyata.... sesudah melihat informasi di grup facebook operator ternyata hanya cukup hapus histori browser. Sebelumnya aku posting tentang: Daftar Eror Dapodik 2020 dan solusinya.

Dapodik 2020 ini ada isian baru, salah satunya yaitu nomor KK.  Nomor NIK pada 2020 wajib dientri dan nomor KK masih sanggup dikosongkan. nah ini. .. nomor NIK dan KK terdiri dari 16 digit. bayangkan deh dituntut ketelitian dalam entri ini. Untung nya yang versi sebelumnya aku udah masukan nomor NIK.

NIK adalah kependekan dari Nomor Induk Kepegawaian. Sebelum sudah ada wacana katanya NISN nomor induk Siswa Nasional Akan diganti NIK. Data ini akan terintegrasi dengan Dukcapil. Dan di Dapodik 2020 ini ketika tarik PD sudah sanggup diketahui bila salah satu siswa salah entri NIK. Nomor NIK sudah digunakan siswa.

Baca juga:

  1. Cara menambahkan siswa gres di dapodik
  2. Cara mengisi kepala sekolah di dapodik
  3. Cara tarik PD online
  4. Spesifikasi Minimal Laptop Dapodik
  5. Membuat Akun guru di dapodik
  6. Mengisi riwayat honor terencana di dapodik
  7. Memperbaiki Siswa salah kelas rombel
  8. Mengubah username dan password dapodik
  9. Lupa Password dan koreg dapodik


Sebenarnya masih banyak lagi yang harus diisikan pada Dapodik baik yang wajib maupun masih bersifat sunah. Data lengkap dan berkualitas tentu sangat berharga. Ayo lengkapi data Dapodik,  sanggup jadi sanggup penghargaan atau reward dari kemdikbud.

Berhubung lagi malas nulis dan bukan seorang penulis, cukup sekian. Yang niscaya aku yaitu operator yang diberikan upah untuk entri data... semangat... biar berkah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel