Tas: Memperbaiki Siswa Salah Masuk Kelas Dapodik 2020

Dapodik selalu memperbaiki metode validasinya disetiap rilis versi gres untuk menjamin kevalidan data yang dientry sekolah. Salah satunya yaitu tidak dapat mengubah tingkat kelas. Untuk mengubah rombel masih dapat misal dari kelas 3A ke 3B, yang tidak dapat yaitu mengubah tingkat kelas misal dari kelas 1 ke kelas 3. Aturan ini sudah dimulai di dapodik versi 2019c dan kini dapodik versi 2020. Hal ini alasannya yaitu pada versi sebelumnya ada sekolah yang menambahkan data akseptor didik tidak sesuai prosedur, misal ada mutasi siswa kelas 3 ditambahkan melaui tambah siswa gres kelas 1 kemudian diubah / dimaping ke kelas 3. Rombel yaitu kependekan dari rombongan belajar, dan tingkat kelas misalnya tingkat kelas SD = I, II, III, IV, V, VI, SMP =  VII, VII, IX,  SMA = X, XI, XII
 disetiap rilis versi gres untuk menjamin kevalidan data yang dientry sekolah TAS:  Memperbaiki Siswa Salah Masuk Kelas Dapodik 2020

Lalu bagaimana bila salah memasukan kelas tidak disengaja? Misal kita salah melaksanakan tarik PD online dimasukan ke kelas yang bukan seharusnya. Nah berikut ini cara mengatasi / memperbaiki data siswa yang salah masuk kelas.
  1. Cara pertama (sesuai pada panduan dapodik 2019c), Lapor ke operator dinas pendidikan. Selanjutnya operator dinas pendidikan akan memindahkan sesuai kelas rombelnya. Operator sekolah kemudian melaksanakan sinkronisasi.
  2. Cara kedua, Siswa / PD tersebut keluarkan/mutasikan dulu dengan diisi keterangan salah tingkat rombel. Setelah sinkron siswa tersebut akan masuk ke web administrasi PD. Tarik PD dari sekolah sendiri masukan ke rombel yang seharusnya. Lanjutkan sinkronisasi.
Demikian, postingan singat cara / solusi mengatasi siswa yang salah masuk kelas rombel pada aplikasi dapodik.
---
Lihat juga:
1. Cara Tarik PD Online
2. Cara menciptakan akun login guru
3. Mengisi Riwayat Gaji Berkala
---
Dikutip dari buku panduan dapodik 2019c.
Fitur ini ditambahkan pada versi 2019.c untuk mencegah kesalahan penginputan pada anggota rombel khususnya yang turun kelas atau loncat kelas pada periode semester yang sama. Daftar akseptor didik yang belum masuk ke dalam tabel anggota rombel akan ditampilkan pada tabel sebelah kanan dan hanya menampilkan akseptor didik pada tingkat yang sama.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel