Tas: Sergur Id: Gosip Registrasi Ppg Tahun 2020

Sergur merupakan kependekan dari sertifikasi guru. PPG yaitu singkatan dari Pendidikan Profesi Guru. Setiap guru pastilah ingin mendapat akta pendidik, selain sebab uang pinjaman tentu yaitu bukti bahwa seorang guru profesional. sergur.id yaitu website portal isu sertifikasi guru.
 yaitu singkatan dari Pendidikan Profesi Guru TAS:  SERGUR ID: Info Pendaftaran PPG Tahun 2020
tampilan web sergur id

Program Pendidikan Profesi Guru yang selanjutnya disebut Program PPG yaitu kegiatan pendidikan yang diselenggarakan sehabis kegiatan sarjana atau sarjana terapan untuk mendapat akta pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan/atau pendidikan menengah.

[Daftar Isi]


Program PPG 

  1. PPG Pra Jabatan, yaitu PPG yang diperuntukkan bagi calon guru yang telah memenuhi persyaratan kualifikasi akademik S-1/D-IV dan akan melamar menjadi guru.
  2. PPG Dalam Jabatan, yaitu PPG yang diperuntukkan bagi guru dalam jabatan. Guru dalam Jabatan yaitu guru pegawai negeri sipil dan guru bukan pegawai negeri sipil yang sudah mengajar pada satuan pendidikan, baik yang diselenggarakan pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun masyarakat penyelenggara pendidikan yang sudah memiliki perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama.

Persyaratan Pendaftaran PPG dalam Jabatan

Secara umum persyaratan mendaftar /  mengikuti sertifikasi melalui PPG dalam Jabatan yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV);
  2. Guru dalam Jabatan atau pegawai negeri sipil yang mendapat kiprah mengajar yang sudah diangkat hingga dengan selesai tahun 2015;
  3. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);  (lihat cara mendapat nomor NUPTK) dan
  4. Terdaftar pada data pokok pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuota Peserta PPG

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 ihwal Guru menyebutkan bahwa jumlah akseptor didik kegiatan pendidikan profesi guru setiap tahun ditetapkan oleh Menteri. Berdasarkan ketentuan tersebut, maka jumlah kuota mahasiswa PPG setiap kegiatan studi dan LPTK penyelenggara ditentukan oleh Kemenristekdikti dengan mempertimbangkan beberapa hal, di antaranya:
  1. Kebutuhan guru secara nasional untuk setiap kegiatan studi,
  2. Kapasitas setiap LPTK,
  3. Ketersediaan anggaran pemerintah.

Alur Pendaftaran Calon Peserta PPG dalam Jabatan

Ketentuan rekrutmen akseptor sertifikasi yaitu sebagai berikut:
  1. Kemdikbud mengumumkan seleksi mahasiswa Program PPG dalam Jabatan melalui edaran resmi dan disebarluaskan secara daring (online) www.sergur.kemdikbud.go.id
  2. Calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan melaksanakan pendaftaran seleksi kegiatan PPG secara online dengan mengisi format pada sistem aplikasi pendaftaran (SIM PKB) dan mengunggah berkas dokumen persyaratan yang ditentukan dan diverifikasi linieritas antara kualifikasi akademik S-1/D-IV dengan kegiatan studi PPG yang dipilih.
  3. Calon mahasiswa selanjutnya mengikuti seleksi akademik online.
  4. Setelah calon mahasiswa dinyatakan lulus seleksi akademik, selanjutnya calon mahasiswa mengikuti seleksi manajemen dengan mengumpulkan berkas-berkas yang dipersyaratkan ke dinas pendidikan kabupaten/kota/propinsi untuk diverifikasi dan validasi keabsahan dokumen yang diserahkan kemudian dilanjutkan verifikasi berkas di tingkat LPMP untuk pengecekan selesai dokumen.
  5. Mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi akademik sanggup mengikuti pendaftaran online.

Informasi Persiapan Pelaksanaan PPG Tahun 2020

Di facebook dan medsos telah beredar Surat dari Dikjend GTK tanggal 29 Agustus 2010, perihal Ppersiapan Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2020. Yang ditujukan kepada Ka Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten. Jika ingin mendownloadnya silahkan klik disini.


PENUTUP
Untuk informasi resmi ihwal PPG terbaru alangkah baiknya pribadi melalui website portal http://sergur.kemdikbud.go.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel