Tas: Spesifikasi Minimal Laptop Untuk Install Dapodik

Aplikasi Dapodik merupakan aplikasi yang sangat penting bagi sekolah alasannya terkait eksklusif dengan jumlah alokasi dana BOS dan besaran derma profesi guru. Sekolah wajib menginstall Dapodik alasannya Dapodik sudah teruang dalam permebdikbud nomor 79 tahun 2015. Apa spesifikasi minimal / minimum laptop untuk instalall aplikasi Dapodik?
Aplikasi Dapodik merupakan aplikasi yang sangat penting bagi sekolah alasannya terkait langsu TAS:  Spesifikasi Minimal Laptop untuk Install Dapodik

Pada buku panduan dapodik versi 2020 dijelaskan pada BAB Installasi wacana spesifikasi. Bahwa spesifikasi sesuai dengan juknis BOS pada Permendikbud No 18 Tahun 2019 tentang spesifikasi komputer yang harus dimiliki, yaitu:

  1. Processor Intel Core i3 atau yang setara;
  2. Memori standar 4 GB DDR3;
  3. Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD;
  4. Sistem operasi Windows 10;
  5. Aplikasi terpasang peramban google chrome atau mozilla firefox

Semkin tinggi spesifikasi hadware pada laptop maka semakin cepat komputer/laptop dalam bekerja, dan berikut yaitu klarifikasi singkat wacana komponen komputer/laptop

Processor juga bisa disebut sebagai otak dari komputer. Secara singkat, processor bekerja untuk melaksanakan perhitungan serta menjalankan perintah-perintah yang diperintahkan oleh pengguna komputer itu sendiri. Kecepatan prosesor, biasanya ditunjukkan dalam gigahertz (GHz). Semakin tinggi jumlahnya, semakin cepat komputer. Beberapa produsen / brand prosessor antara lain: Intel, AMD, ARM,

MEMORI / RAM Random Access Memory, biasanya ditunjukkan dalam gigabyte (GB). Semakin besar/banyak RAM di komputer maka semakin banyak aplikasi yang bisa dilakukan secara bersamaan (multi taksking).

Hard drive ditunjukkan dalam gigabyte (GB) dan umumnya mengacu pada jumlah informasi (seperti dokumen, musik dan data lainnya) yang sanggup dipegang komputer. Ada dua jenis hardrive yaitu HDD dan SSD. SSD lebih mahal dari pada HDD.

Sistem Operasi atau Operating System (OS) merupakan sebuah jadwal yang bisa menghubungkan antara hardware dan software untuk menjalankan aneka macam aplikasi. Di Indonesia, sistem operasi yang paling umum dipakai yaitu milik Microsoft, yakni Windows. Disusul Sistem Operasi Terbuka (Open Source) macam Linux dan turunannya (distro-distro).

Peramban / browser yaitu suatu aplikasi atau jadwal yang dijalankan pada perangkat komputer untuk melihat konten yang ada pada media World Wide Web (WWW) dengan memanfaatkan jaringan internet.

Menurut pengalaman kami yang menggunakan proseser AMD yang setara Intel core i3, ketika menjalankan dapodik jikalau dilihat dari taks manager melihat perform CPU mengambarkan grafik bisa hingga 90 persen ke atas.

Kemampuan sekolah dalam pengadaan unit laptop/komputer berbeda. Berikut kami coba berikan tips supaya operator sekolah sanggup memaksimalkan laptop untuk pengerjaan dapodik dengan cara uninstal aplikasi yang tidak diharapkan diantaranya:

1. Antivirus termasuk aplikasi yang mememakan memori besar. Saya cukup antivirus bawaan windows ditambah antivirus smadav.
2. Instal browser cukup 2 saja, saya menggunakan google chrome dan microsoft edge. Contoh browser: Mozila fire fox, opera, uc browser. Kenapa saya perlu 2? kadang operator sekolah perlu login 2 akun secara bersamaan.
3. Contoh pemutar musik / video windows media player, winamp, amp, pilih saja salah satu.
4. Saya tidak menginstal aplikasi edit foto sesperti photosop, corel draw alasannya jarang / tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Lihat juga:
1. Juknis Dana BOS Revisi 2019
2. Yang harus dikerjakan operator dapodik

Demikianlah tentang spesifikasi minimum / minimal laptop untuk dapodik dan sedikit tips supaya laptop tidak lemot yang semoga bermanfaat untuk rekan operator sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel