Tas: Cara Jitu Mengerjakan Aplikasi Pmp 2019

Aplikasi PMP versi 2019 telah resmi dirilis melalui website pmp dikdasmen pada 9 September 2019. Pada postingan ini akan kami akan share perihal cara pengerjaannya. Aplikasi PMP sebaiknya dikerjakan masing-masing guru alasannya yaitu isinya berbentuk kuesioner dan telah disediakan versi PMP online dan Android.
 telah resmi dirilis melalui website pmp dikdasmen pada  TAS:  Cara Jitu Mengerjakan Aplikasi PMP 2019
tampilan login aplikasi pmp


Adapun langkah-langkah pengerjaan aplikasi PMP 2019 berdasarkan versi .id sebagai berikut.


[Daftar Isi]



A. Lengkapi dan Sinkron Aplikasi Dapodik Versi Terbaru

Kenapa harus sinkron dapodik versi terbaru untuk mengerjakan aplikasi PMP? Karena sumber data responden dari dapodik. PMP versi 2019 sudah daring atau online jadi datanya bersumber dari dapodik yang sudah dikirim atau sinkron. Hal ini berbeda dengan versi sebelumnya yang hanya disediakan versi offline. Perbedaan PMP versi 2018 dengan 2019 sanggup dibaca pada postingan sebelumnya klik disini.

B. Download Aplikasi PMP 2019

Download dan install aplikasi PMP Dikdasmen terbaru. Disediakan beberapa jenis aplikasi pmp yaitu:
Aplikasi PMP Online: Disebut juga aplikasi daring (dalam jaringan), untuk aplikasi versi ini tidak perlu mengistall pada laptop. Cukup buka browser favorit Bapak/Ibu Guru dan ketikan alamat: http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/
Aplikasi PMP Android: Dapat di install pada handphone atau smarphone android masing-masing responden dalam hal ini sanggup Guru, Siswa, maupun Komite.
Aplikasi PMP iOS: Seperti halnya Android namun sistem operasi iOS
Aplikasi PMP Offline: Jika tidak memungkinkan untuk memakai versi online alasannya yaitu belum tersedia sarana prasarana internet yang manis sanggup memakai versi offline. Install dan isi kuesioner sehabis itu kirimkan data dikala tersedia saluran internet. Aplikasi versi offline juga sanggup dikerjakan secara bersamaan memakai beberapa laptop dan smartphone (pelajari selengkapnya)

C. Isi Kuesioner PMP dengan Jujur

Inti dari aplikasi PMP adalah kuesioner yang hasil jawabannya dipakai untuk data Pemetaan Mutu Pendidikan. Apabila pengisian kuesioner tidak diisi dengan bergotong-royong bahkan asal isi maka tujuan pemetaan mutu tidak berhasil. Beberapa pihak mempertanyakan kevalidan data pengisian PMP yang tidak sanggup dijadikan potret mutu pendidikan di Indonesia. Terindikasi  bahwa yang mengisi PMP hanya operator sekolah, ada juga sebuah alat yang dipakai operator untuk menyalin isi kuesioner. Jika ada kepala sekolah yang menunjukkan kiprah pengisian PMP kepada hanya diserhakan pengisiannya ke operator sekolah, apakah sudah tidak peduli dengan pendidikan di Indonesia?

Kuisioner PMP merupakan kuesioner instrumen untuk aktivitas Evaluasi Diri Sekolah (EDS). Sehingga kalau diisi dengan bergotong-royong maka sanggup dijadikan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan sekolah. Yang pada hasilnya sekolah sanggup meningkatkan mutu pendidikan atau paling tidak sesuai dengan 8 Standar Nasional Pendidikan  (SNP)


D. Jumlah Minimal Responden PMP

Berapa banyak responden minimal yang harus mengisi PMP?
Responden PMP untuk SD:
Pengawas Sekolah: tidak mengisi kuesioner SD
Kepala Sekolah: 1 Orang  (Menggunakan akun operator)
Guru Kelas: 6 Orang
Guru Mapel: 2 Orang
Siswa SD Kelas IV, V, V : 15 Orang
Ketua Komite Sekolah: 1 Orang
Orang Tua Siswa: 2 Orang


E. Cara Pengisian Kuesioner PMP

Untuk sanggup login aplikasi PMP harus memakai akun username dan password masing-masing PTK yang telah dibentuk dapodik. Adapun cara mengisi PMP online yaitu sebagai berikut:

1. Login Aplikasi PMP

Untuk sanggup login aplikasi PMP harus dilakukan memakai akun operator sekolah / akun operator dapodik. Saat saya mencoba login pada tanggal 15 Oktober 2019, passwordnya memakai yang lama.

2. Membuat akun login PMP Guru 

Setelah berhasil login memakai akun operator langkah selanjutnya yaitu memilih guru yang akan mengisi responden. Caranya

  1. Masuk ke Menu Pengaturan --- Manajemen Pengguna 
     telah resmi dirilis melalui website pmp dikdasmen pada  TAS:  Cara Jitu Mengerjakan Aplikasi PMP 2019
  2. Klik pada menu/icon gambar strip/garis tiga yang letaknya ada pada bab samping, kemudian pilih kandidat responden 
     telah resmi dirilis melalui website pmp dikdasmen pada  TAS:  Cara Jitu Mengerjakan Aplikasi PMP 2019
  3. Sesudah dipilih menjadi responden maka guru tersebut sanggup melaksanakan pengisian kuesioner PMP


Untuk akun login mandiri, pada dikala saya mencobanya memakai akun username dan password yang telah dibentuk pada dapodik.

3. Mengisi kuesioner EDS

Silahkan isian kuesioner dengan kondisi yang sebenarnya. Pengisian kuesioner tidak harus pribadi selesai, sanggup dilanjutkan lain hari. Akan tampil progress pengisian PMP. Namun kalau ingin melanjutkan pengisian nanti, maka disarankan untuk log out terlebih dahulu alasannya yaitu durasi pengisian PMP dihitung dengan lamanya durasi login.

Cara mengisi kuesioner EDS, masuk pada sajian Kuesioner --- Isi Kuesioner. Ada 5 bab yang harus diisi yaitu: Hasil Belajar, Isi Pendidikan, Proeses Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, dan Pengolaan Pendidikan.
 telah resmi dirilis melalui website pmp dikdasmen pada  TAS:  Cara Jitu Mengerjakan Aplikasi PMP 2019

Untuk memulai mengisi kuesioner, klik rincian --- tanda >

Saat mengisi, setiap sanggup beberapa nomor silahkan di simpan.

4) Dapatkan Penghargaan Badge

Responden akan mendapatkan penghargaan / badge unik kalau menuntaskan suatu tahapan. Ini mungkin dibentuk pengembang supaya responden tidak merasa bosan dan bersemangat dalam pengisian kuesioner pmp.
 telah resmi dirilis melalui website pmp dikdasmen pada  TAS:  Cara Jitu Mengerjakan Aplikasi PMP 2019



F. Berguru PMP dengan Sekolah Model SPMI

Jika ada kesulitan dalam penggunaan aplikasi PMP kita sanggup berguru dengan sekolah model SPMI. Program Sekolah Model SPMI yaitu sebuah agenda LPMP dalam membangun "budaya mutu" sekolah melalui implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Program ini melibatkan beberapa sekolah yang ditetapkan sebagai Sekolah Model dan beberapa Sekolah Imbas.

Sekolah yang menjadi sekolah model mendapatkan training pribadi dari LPMP setempat. Setelah itu mengadakan aktivitas bersama sekolah imbasnya. Materi aktivitas sekolah model SPMI perihal budaya mutu yang diantaranya  terkait kurikulum dan perbaikan mutu sekolah memakai instrumen penilaian diri sekolah (EDS). Dalam melaksanakan penilaian diri sekolah dipakai raport mutu dari aplikasi PMP.


Baca Juga:
1. Cara Mengubah Username dan Password Dapodik
2. Perbedaan PMP 2018 dengan PMP 2019
3. Cara Membuka Dapodik / PMP Offline Menggunakan Wifi

UPDATE APLIKASI PMP VERSI OFFLINE

Selengkapnya: https://smartedspmp.blogspot.com//search?q=

Demikianlah yang sanggup sharing bagaimana cara jitu mengerjakan aplikasi PMP 2019, ada kekurangan dan ketidak jelasan kalimat pada tutorial ini mohon koreksi dan sarannya. Terima kasih.


Referensi:
1. http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/program-sekolah-model-spmi-menuju-sekolah-berbudaya-mutu-secara-mandiri-tahap-i/
2. http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel