Tas: Cara Login Warta Gtk Untuk Cek Data Guru

Info GTK ialah bab dari website Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan atau yang sering disebut Ditjend GTK. Di beberapa tempat print out warta GTK merupakan hal yang penting alasannya ialah merupakan salah satu syarat untuk pengusulan pencairan dukungan profesi guru yang lebih dikenal dukungan sertifikasi. Sebetulnya fungsi warta GTK tidak hanya itu, tetapi untuk cek data guru apakah sudah valid, dan sesuai dengan data terbaru.
 ialah bab dari website Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan atau yang seri TAS:  Cara Login Info GTK untuk Cek Data Guru
tampilan warta gtk 2019/2020

Pada postingan ini akan mencoba membahas penggunaan aplikasi warta GTK secara  agak detail namun tetap ringkas supaya gampang dimengerti tidak hanya untuk operator sekolah namun untuk semua guru baik itu PNS, Non PNS, dan honor yang sudah terdata di dapodik.

[Daftar Isi]


Siapa yang Harus Membuka Info GTK?

Seharusnya dan idealnya yang harus warta GTK ialah masing-masing guru. Diharapkan guru peduli akan datanya sendiri. Saat ini apa apa sudah menurut data, kebijakan menurut data terupdate melalui aplikasi yang telah disiapkan. Untuk sanggup ikut kegiatan bimtek atau training datanya mengambil dari aplikasi. Maka untuk itu jikalau bapak ibu guru yang  ikut training pelatihan harus peduli dengan data. Penjaringan data PPG pendidikan profesi guru yang kaitannya dengan sertifikasi juga dari data dapodik yang terintegrasi. Penerimaan pendaftaranCPNS PPPK pun juga mengintegrasikan data dari dapodik. Nah hingga sini paham kan? kenapa harus buka sendiri, kalau minta tolong operator ya boleh boleh saja. Tolong-menolonglah dalam hal kebaikan.

Bagaimana cara Login Info GTK?

Cara login GTK cukup gampang sanggup dilakukan melalui laptop maupun handphone.

  1. Buka link alamat resmi warta gtk yaitu http://info.gtk.kemdikbud.go.id menggunakan web browser yang Bapak/Ibu Guru sukai menyerupai google Chrome, mozila Firefox, Opera Mini, UC Browser.
  2. Masukkan username: account PTK yang ada pada dapodik dan passwordnya juga yang ada pada dapodik.
  3. Kemudian masukan isyarat yang tertulis pada gambar, berupa nomor.
  4. Lanjut login

Setelah itu akan ditampilkan data yang isinya mengambil dari data dapodik. Mulai dapodik versi 2020.a. atau tahun pelajaran 2019/2020 semester 1, tampilan warta GTK agak berubah dari versi warta GTK sebelumnya, terutama dalam hal login yang sudah memakai akun masing-masing PTK.

Terkadang akan muncul keterangan sebagai berikut:
Maaf,.. Info GTK sedang melaksanakan validasi dan verifikasi data.... silahkan kembali beberapa jam lagi,..
Hal tersebut membuktikan bahwa data pada warta GTK tidak real time, jadi secara periodik akan muncul warta ini.

Hal yang biasa pertama kali dilihat ialah terkait honor pokok, jikalau honor pokok tidak sesuai leger honor silahkan cek data pangkat golongan, jikalau sudah sesuai silahkan cek data riwayat honor berkala.

Bagaimana cara mendapat username warta GTK?

Untuk mendapat username dan password warta GTK silahkan menghubungi/tanya ke operator sekolah. Disarankan untuk menciptakan passwordnya sendiri alasannya ialah password bersifat rahasia. Jangan memperlihatkan username dan password dapodik kepihak manapun termasuk pihak yang mengaku dari Kementerian. Ini untuk menghindari tindak kejahatan dan penipuan terlebih jikalau akun kepala sekolah dan bendahara sanggup dipakai untuk belanja online dana BOS Pusat melalui aplikasi SIPlah.

Selain itu akun dan username ini juga untuk login aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP), masing-masing guru dibutuhkan login dan mengisi kuesioner secara online.

Bagi yang belum PNS pun atau masih honorer juga harus peduli dengan datanya alasannya ialah pengusulan NUPTK juga dari dapodik, silahkan periksa data anda menyerupai identitas pribadi sesui data penduduk dan data kepegawaian pastikan TMT atau terhitung mulai kiprah diisi dengan semestinya.

Cara Mencetak Info GTK

Setelah berhasil login akan ditampilkan data PTK silahkan dicermati dan dicek. Untuk mencetaknya sanggup eksklusif dengan menekan tombol CTRL + P.  Jika memakai browser Google Chrome sanggup eksklusif disimpan dalam format pdf. Caranya:

  1. Tekan tombol CTRL + P
  2. Pilih jenis printer / Destination: save as pdf
  3. SIMPAN FILENYA


Cara Memperbaiki Data Info GTK

Ketika Anda menemukan data yang keliru silahkan hubungi operator sekolah untuk memperbaiki data. Data tidak akan eksklusif berubah namun menunggu penarikan data. Selain itu yang harus diketahui bahwa tidak semua data dari dapodik beberapa data bersumber dari database lain yang terintegrasi yang dimiliki kementerian pendidikan dan juga kementerian kepegawaialn, serta kementerian kependudukan.

Beberapa data untuk perbaikanya harus lewat aplikasi verval ptk yang syaratnya harus melampirkan scan dokumen.


Bahkan ada juga yang perbaikan datanya harus konfirmasi ke Badan Kepegawaian Daerah alasannya ialah menyangkut data kepegawaian.

Baca juga:

Itulah yang sanggup saya share melalui goresan pena ini, biar sanggup sedikit membantu Bapak/Ibu guru dalam memperhatikan datanya melalui Login Info GTK yang juga berafiliasi dengan jenjang karir kedepannya. Terima kasih atas kunjungan ke blog ini, dukung dengan cara memperlihatkan komentar positif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel