Tas: Elearning Kabupaten Purworejo

Elearning merupakan istilah pembelajaran memakai Teknologi Informasi dan Komunikasi  (TIK). Dengan Elearning memungkinkan siswa dan guru melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara online. Di zaman yang serba online siswa sanggup berguru kapan saja dimana saja memakai sistem Elearning asal terkoneksi dalam jaringan.

Kabupaten Purworejo berada di Provinsi Jawa Tengah akrab dengan kota Magelang dan Daerah spesial Yogyakarta. Dalam mendukung pelaksanaan e-goverment dan smart city, elearning merupakan salah satu komponen pendukung. Melalui Perangkat Daerah  (PD) yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikpora) Kabupaten Purworejo elearning dilaksanakan dengan menawarkan pelatihan-pelatihan secara intens dan berkelanjutan kepada guru.
 merupakan istilah pembelajaran memakai Teknologi Informasi dan Komunikasi TAS:  Elearning Kabupaten Purworejo
tampilan elearning Sekolah Menengah Pertama 3 Purworejo

Menurut gosip yang kami dapatkan dari website Bapeda Purworejo, Tahun 2019 ini Dindikpora Kabupaten Purworejo mengimplementasikan kegiatan e-learning di 26 sekolah dasar, yang diantaranya merupakan SDN Kliwonan dan SDN Pangengudang di Kecamatan Purworejo, SDN Pekutan dan SDN Grantung di Kecamatan Bayan, SDN Loano di Kecamatan Loano, serta SDN Kaliboto dan SDN Kamijoro di Kecamatan Bener.

Adapun menurut pencarian google sudah banyak Sekolah Menengah Pertama yang mengonlinekan elearning memakai alamat websitenya / domain sekolah, diantaranya:
1. SMP Mutiara Bangsa: http://www.mutiarabangsa.id
2. SMP Negeri 3 Purworejo: https://elearning.smpnegeri3purworejo.sch.id
3. SMP Negeri 21 Purworejo: https://smpn21purworejo.sch.id

Di Tahun 2019 ini pemerintah sentra juga mengalokasikan dana BOS Afirmasi untuk mendukung pembelajaran digital untuk sekolah yang mempunyai kinerja anggun dan sekolah dalam tanda kutip pinggiran. Ada sekitar 150 sekolah yang mendapatkan derma ini. BOS Afirmasi ini dipakai untuk pembelian perangkat komputer dan tablet untuk sanggup mengakses elearning yang dikembangkan oleh Kementerian yakni rumah berguru kemdidikbud yang beralamatkan di https://belajar.kemdikbud.go.id

Lihat juga: Cara menciptakan akun kelas digital rumah belajar.

Menurut kami tentu ini juga mendukung kegiatan elearning yang dilakukan/dilaksanakan Dinas Pendidikan.


Elearning Kabupaten Purworejo dibangun memakai LMS Moodle yang telah dimodifikasi oleh tim. Dengan memakai elearning siswa tidak hanya sanggup membuka bahan namun juga melaksanakan latihan soal. Guru sanggup menggunakannya untuk melaksanakan penilaian. Setiap guru dan siswa mempunyai akun username dan password sendiri sendiri. Pada postingan sebelumnya kami juga posting perihal beberapa tutorial perihal moodle silahkan cek klik sini.

Kami juga menyediakan layanan pembuatan domain sekolah resmi sch.id barang kali ada bapak Ibu Guru yang membaca goresan pena ini dan berkeinginan untuk mengonlinekan elearningnya. Domain sch.id ialah alamat yang dipakai khusus untuk sekolah. Info lebih lanjut dengan harga terjangkau langsung kontak disini.

Demikian sedikit gosip perihal elearning yang ada di Kabupaten Purworejo, agar dengan adanya elearning sanggup meningkatkan mutu pendidikan. Terima kasih.


Referensi:
https://dindikpora.purworejokab.go.id/beberapa-satuan-pendidikan-di-kabupaten-purworejo-mendapatkan-bos-afirmasi-dan-kinerja-tahun-2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel