Tas: Penyepadanan Data Nisn Dengan Nik

Satu data merupakan hal yang perlu dikembangkan dan menerima perhatian negara. Dengan satu nomor ID sanggup dipakai untuk banyak hal. Mungkin inilah yang coba dimulai memakai data siswa di aplikasi dapodik yang dikembangkan kemdikbud dan data kependudukan aplikasi SIAK yang dikembangkan kemendagri.

Nomor Induk Siswa Nasional  yang selanjutnya disebut NISN ialah nomor unik yang diberikan kepada siswa melalui sistem aplikasi Dapodik. NISN terdiri dari 10 digit nomor.

Nomor Induk Kependudukan yang selanjutnya disebut NIK ialah nomor identitas Penduduk yang bersifat unik, tunggal dan menempel pada seseorang yang terdaftar sebagai Penduduk Indonesia. NIK berlaku seumur hidup dan selamanya, yang diberikan oleh Pemerintah dan diterbitkan oleh Instansi Pelaksana kepada setiap Penduduk sehabis dilakukan pencatatan biodata. NIK terdiri dari 16 digit nomor. Saat ini NIK ada pada sistem aplikasi SIAK.

Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) adalah suatu sistem isu yang ditumbuh-kembangkan menurut prosedur-prosedur pelayanan manajemen kependudukan dengan menerapkan sistem teknologi isu dan komunikasi guna menata sistem manajemen kependudukan di Indonesia. SIAK melayani registrasi penduduk dan pencacatan sipil menurut insiden kependudukan (population events) dan insiden penting (vital events) yang dialami oleh penduduk semenjak lahir sampai meninggal dunia. Data kependudukan yang tersimpan dalam basis data yang keluarannya antara lain: Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Nikah, dan sebagainya.

Pada awal tahun 2019 telah bergulir wacana dari mentri pendidikan dan kebudayaan tentang NISN akan diganti dengan NIK.
“Untuk tahun ini kami juga sudah sepakati tidak ada lagi Nomor Induk Siswa Nasonal (NISN) tetapi adanya Nomor Induk Kependudukan (NIK). (Caranya) gampang tinggal merubah saja. Secara teknis tidak ada kesulitan, perlu penyepadanan data,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy ketika menjamu Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (22/01/2019).

Banyak kalangan operator sekolah yang menanggapi dengan pro dan kontra. Tapi pada postingan kali ini kita tak kan membahas hal itu. Kita akan coba tampilkan bagikaman penyepadanan data NIK dan NISN melalui aplikasi yang beralamatkan di: http://pd.data.kemdikbud.go.id/

[Daftar Isi]


A. CARA LOGIN APLIKASI PD.DATA.KEMDIKBUD.

Untuk sanggup login aplikasi ini silahkan:

  1. Kunjungi alamat: http://pd.data.kemdikbud.go.id/
  2. Login memakai username dan password sso sdm.data.kemdikbud atau yang biasa operator sekolah gunakan untuk verval PD.
  3. Setelah berhasil login akan ditampilkan dasborad pengeloaan data penerima didik. Rangkuman informsi penerima bimbing diantaranya, total penerima bimbing yang sudah ber NISN, belum ber NISN. Ditampilkan juga tabel data Residu menurut Tingkat. 
     merupakan hal yang perlu dikembangkan dan menerima perhatian negara TAS:  PENYEPADANAN DATA NISN DENGAN NIK
    tampilan sajian pd.data.kemdikbud

B. MENU PESERTA DIDIK

Pada sajian ini ditampilkan tabel data penerima bimbing yaitu Nomor Urut, NIK, NISN, Nama, Jenis Kelamin, Tingkat, Jenis Pendaftaran. Nomor NISN akan berwarna biru yang sanggup di klik untuk menuju link tumpuan data kemdikbud.
 merupakan hal yang perlu dikembangkan dan menerima perhatian negara TAS:  PENYEPADANAN DATA NISN DENGAN NIK

C. MENU RESIDU

Melalui sajian residu ini ditampilkan cek list data penerima bimbing diantaranya PIPD, NISN, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu, Jenis Kelamin, dan NIK.
NISN bertanda silang x merah berarti NISN masing kosong, ataupun NISN Ganda.
Tempat lahir bertanda silang x merah berarti daerah lahir mengandung huruf atau angka.
NIK bertanda silang merah berarti NIK ganda.
Keterangan tanda ini akan muncul ketika di klik, silahkan klik pada tanda silang X merah.
 merupakan hal yang perlu dikembangkan dan menerima perhatian negara TAS:  PENYEPADANAN DATA NISN DENGAN NIK

D. TAB MENU UTAMA DUCKAPIL

Ada tab sajian utama "DUKCAPIL" letaknya dibagian kanan atas. Pada sajian ini dibagi lagi kedalam sub sajian Beranda, Integrasi, dan Residu Dapodik.

1. Menu Dukcapil - Beranda

Pada halamn ini ditambilkan tabel data yang meyandingkan sajian data dari dua sumber yaitu dapodik dan SIAK. Data itu ialah NIK, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Ibu Kandung dan Jenis Kelamin. Jika ada data yang berbeda maka kolom akan berwarna merah muda.
 merupakan hal yang perlu dikembangkan dan menerima perhatian negara TAS:  PENYEPADANAN DATA NISN DENGAN NIK

2. Menu Dukcapil - Integrasi

Data dapodik yang teridentifikasi secara sistem yang terkait dengan data penerima bimbing yang tercatat di dapodik berkoresponden dengan data kependudukan di Dukcapil.


  1. Jika ada data nomor NIK yang berbeda maka akan berwarna merah muda. Silahkan di klik pada NIK tersebut, selanjutkan akan ditampilkan jendela Perbandingan Data PD dapodik dan dukcapil.
  2. Proses ini hanya memperbaiki NIK hasil inputan dapodik dengan data NIK menurut Dukcapil.
  3. Perbaikan atribut Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Ibu Kandung melalui VervalPD.
  4. Untuk berbaikan atribut lain dengan mekanisme yang sudah ada.
  5. Sebelum anda melaksanakan atau klik tombol Proses, sebaiknya dicek ulang nomor yang tertera di KK, atau akte kelahiran.

 merupakan hal yang perlu dikembangkan dan menerima perhatian negara TAS:  PENYEPADANAN DATA NISN DENGAN NIK

3. Menu Residu Dapodik

Pada sajian ini ditampilkan data dapodik yang belum berkoresponden dengan data kependudukan di duccapil. Menurut pengamatan kami data yang berlum berkoresponden diantaranya ialah belum mempunyai NISN, atau ada kesalahan entry data NIK.
 merupakan hal yang perlu dikembangkan dan menerima perhatian negara TAS:  PENYEPADANAN DATA NISN DENGAN NIK


Baca juga:
Anda operator baru? inilah yang harus dikerjakan operator.


PENUTUP
Demikianlah yang sanggup saya posting terkait penyepadanan data NISN Dapodik dengan Data NIK Dukcapil melalui aplikasi pd.kemdikbud.  Tambah khasanah tumpuan Anda dengan mengunjungi link sumber yang kami sematkan pada simpulan tulisan. Semoga bermanfaat, tetap semangat, jaga kesehatan... salam satu data

NB: Istilah penyepadanan data yang dimaksud pada postingan ini bukan berarti mengarah ke penggantian NISN menjadi NIK. Hanya sebatas menyebarkan iformasi dan pengalaman ihwal pekerjaan saya sebagai operator sekolah.

Source:
https://www.bppt.go.id/teknologi-informasi-energi-dan-material/286-siak-solusi-sistem-pendataan-penduduk-nasional
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_administrasi_kependudukan
https://data.go.id/
https://smartedspmp.blogspot.com//search?q=

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel