Merdeka Berguru : Download Pos Ujian Nasional (Un) 2019/2020

Download POS Ujian Nasional (UN) 2019/2020 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan warta mengenai Download POS Ujian Nasional 2019/2020. pada POS UN 2019/2020 terbaru ini merupakan POS Ujian Nasional tahun anutan 2019/2020.

Beberapa ahad yang kemudian BSNP telah merilis mengenai POS Ujian Nasional 2019/2020. jadi bagi anda yang tidak tau download pada web BSNP 2020 anda sanggup downloadnya pada link dibawah ini ya.

Pada POS Ujian Nasional 2019/2020 merupakan Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) 2019/2020.

PERATURAN

BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
NOMOR: 0051/P/BSNP/XI/2019

TENTANG

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR
PENYELENGGARAAN UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

POS UN ini mengatur penyelenggaraan dan pelaksanaan Ujian Nasional di satuan pendidikan formal dan non-formal tingkat Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah dan yang sederajat, Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah dan yang sederajat, serta Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan dan yang sederajat.

POS UN sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran yang merupakan bab tidak terpisahkan dari Peraturan BSNP ini.
rekan semua kali ini admin akan membagikan warta mengenai Download POS Ujian Nasional  Merdeka Belajar :  Download POS Ujian Nasional (UN) 2019/2020

A. Persyaratan Peserta Ujian Nasional
1. Umum
a. Peserta didik telah atau pernah berada pada tahun terakhir padasuatu Jenjang Pendidikan di satuan pendidikan tertentu.

b. Peserta didik mempunyai laporan lengkap evaluasi hasil berguru pada suatu Jenjang Pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester I tahun pertama hingga dengan semester
pertama pada tahun terakhir.

c. Peserta didik mempunyai laporan lengkap evaluasi hasil berguru pada Pendidikan Kesetaraan.

d. Dalam rangka penjaminan mutu pendidikan, dinas pendidikan sesuai kewenangannya sanggup memutuskan persyaratan pelengkap sesuai dengan kebutuhan dan/atau perkembangan
pendidikan di daerah.

2. Pendidikan Formal
a. Peserta didik terdaftar pada forum pendidikan formal tingkat SMP/MTs dan yang sederajat, SMA/MA dan yang sederajat, serta SMK/MAK dan yang sederajat.

b. Peserta didik SMK/MAK Program 4 (empat) tahun yang telah menuntaskan proses pembelajaran selama 3 (tiga) tahun.

c. Peserta didik yang mempunyai ijazah atau surat keterangan lain yang setara, atau berpenghargaan sama dengan ijazah dari satuan pendidikan yang setingkat lebih rendah.

d. Khusus penerima didik yang merupakan lulusan dari luar negeri, harus mempunyai dokumen penyetaraan dan/atau pengakuan ijazah luar negeri yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.

e. Peserta UN dari aktivitas SKS harus berasal dari satuan pendidikan formal yang terakreditasi A dan mempunyai izin penyelenggaraan aktivitas SKS.

3. Pendidikan Kesetaraan di Dalam Negeri
a. Peserta didik terdaftar pada PKBM, SKB, Pondok Pesantren penyelenggara Program Wustha, Program Ulya, atau kelompok berguru sejenis yang mempunyai izin.

b. Peserta didik telah mengikuti proses pembelajaran untuk mencapai seluruh kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran sesuai dengan satuan kredit kompetensi yang telah ditetapkan dalam bentuk tatap muka, tutorial, dan pembelajaran mandiri. dll

B. Pendaftaran Peserta Ujian Nasional
1. Pendidikan Formal
a. Sekolah/Madrasah pelaksana UN melaksanakan pendataan calon peserta.

b. Warga Negara Indonesia yang berguru di sekolah abnormal di luar negeri sanggup mendaftar UN, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan/atau instansi yang berwenang di Kementerian Agama.

c. Sekolah pelaksana UN mengirimkan data calon penerima ke pangkalan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan mengirimkan tembusannya ke Panitia UN Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya.

d. Madrasah pelaksana UN mengirimkan data calon penerima ke pangkalan Education Management Information System (EMIS) Kementerian Agama dan mengirimkan tembusannya ke Panitia UN Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya.

e. Panitia UN Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya melaksanakan verifikasi data calon penerima untuk diterbitkan Daftar Nominasi Sementara (DNS) dan mengirimkannya ke satuan pendidikan.

f. Satuan pendidikan melaksanakan verifikasi DNS dan mengirimkan akhirnya ke Panitia UN Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya.

g. Panitia UN Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya melakukan:
1) pemutakhiran data;
2) penetapan dan pencetakan Daftar Nominasi Tetap (DNT) dan Kartu Peserta Ujian (KPU); dan
3) pengiriman DNT penerima UN dan KPU ke satuan pendidikan.

h. Data penerima Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) dikirim ke Panitia UN Tingkat Pusat.

i. Kepala sekolah/madrasah pelaksana UN menerbitkan, menandatangani, dan membubuhkan stempel sekolah/madrasah pada kartu penerima UN yang telah ditempel foto peserta.

Itulah Penjelasan singkat megenai Download POS Ujian Nasional 2019/2020 yang sanggup admin jelaskan, untuk lebih jelasnya silahkan anda download pada link dibawah ini.

Download POS Ujian Nasional 2019/2020

Download Kisi-Kisi USBN SD Tahun Ajaran 2019 /2020
Unduh Kisi-Kisi USBN SD 2019 Matematika
Unduh Kisi-Kisi USBN SD 2019 Bahasa Indonesia
Unduh Kisi-Kisi USBN SD 2019 IPA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel