Panduan : Login Dapodik Paud Online Semester Genap 2019-2020

Guru-id.com - Aplikasi Dapodik Paud Dikmas versi 2.0 semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 telah di rilis, untuk pengerjaan semester ini rekan-rekan operator sanggup login memakai email dan password yang telah terdaftar. Selengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

rekan operator sanggup login memakai email dan password yang telah terdaftar Panduan :  Login Dapodik Paud Online Semester Genap 2019-2020

pengisian data Dapodik PAUD dan Dikmas sanggup dilakukan kembali. Bagi operator PAUD ketika ini, penginputan hanya sanggup dilakukan melalui aplikasi/metode Dapodik Online

Bagi satuan pendidikan PAUD yang hendak memakai aplikasi Dapodik Online, silahkan mengubah dulu metode sinkronisasinya melalui aplikasi Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas (http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id)

1. untuk login aplikasi dapodik paud dikmas silahkan menuju link berikut : https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/account/login

2. login memakai username dan password dapodik sekolah anda, kalau belum mempunyai akun, silahkan klik tombol registrasi, dan di laman selanjutnya masukkan aba-aba pendaftaran dan NPSN Sekolah anda.

Untuk meningkatkan kualitas serta pengontrolan sistem pendidikan yang ada di Indonesia pemerintah todak hanya memberlakukan sitem Dapodik untuk sekolah tingkat dasar dan menengah. Lebih dari itu pemerintah juga mempunyai sistem Dapodik untuk pendidikan dini (Paud). Dapodik sendiri merupakan kepanjangan dari Data Pokok Pendidikan. Sesuai dengan namanya Dapodik Paud merupakan data pokok pendidikan yang ada di tingkat forum pendidikan dini (paud). Sama juga dengan Dapodik pada tingakat sekolah dasar dan menengah, Dapodik Paud mempunyai aplikasi sendiri. Adapun kegunaan dari aplikasi tersebut yakni untuk pengumpulan, pengolahan dan analisis data dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Data dari forum atau satuan Paud baik itu yang terdiri dari TK, TPA, KB, dan SPS yang sudah mempunyai Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN).
  2. Data pendidikan serta tenaga kependidikan yang disingkay PTK PAUD yang terdiri dari pendidik, guru, pendamping, pengasuh, pengelola, pengawas Taman Kanak-kanak yang mempunyai kiprah di forum atau satuan PAUD yang sudah mempunyai NPSN.
  3. Data dari penerima didik PAUD yang ada di forum atau satuan PAUD yang mempunyai NPSN dan selanjutnya akan diberikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta data refrensi dalam Dapodik Paud yang terdiri dari:
    - NPSN (Data Nomor Lembaga)
    - NISN (Data Nomor Peserta Didik)
    - NUPTK/ NIPTK (Data Nomor Pendidik)
    - Data Kode Wilayah
    - Data Refrensi yang terkait dengan lembaga, penerima didik dan pendidik.

Adapun sistem dari Dapodik Paud DIKMAS yakni untuk menunjukkan impian gres atas kualitas data pendidikan yang lebih baik efesien dan cepat. Adapun selogan yang di gunakan yakni ‘satu nusa satu bangsa, dan satu data’ menjadi daya penyemangat tersendiri untuk mewujudkan kebijakkan yang saling bersinergi serta terpadu antara unit yang satu dengan unit yang lain sehingga pada karenanya akan terbentuk efesiensi dalam terbentuknya Dapodik Paud yang baik dan terintegritas.

Adapun dalam pengoprasianya di butuhkan seorang operator yang khusus meng- imput data ke aplikasi Dapodik Paud. Adapun rekomendasi operator dalam memasukkan data paud ke aplikasi yang ada adalah:

Demikianlah ulasan wacana aplikasi Dapodik Paud dikmas versi gres 2020. Semoga bermanfaat buat anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel