Skb Cpns 2020 : Aliran Dan Petunjuk Pemanfaatan Rumah Belajar Kemdikbud



"Strategi Pembelajaran Berbasis TIK Memanfaatkan RUMAH BELAJAR"

PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (PUSTEKKOM KEMENDIKBUD)

Dalam merespon pembelajaran kurun digital 4.0 PUSTEKKOM KEMDIKBUD meluncurkan layanan pembelajaran berbasis web yang diberi nama RUMAH BELAJAR

TENTANG RUMAH BELAJAR


Pustekkom Kemdikbud telah menciptakan dan membuatkan Rumah Belajar semenjak tahun 2011 sebagai salah satu portal pembelajaran berbasis web, yang berisi banyak sekali layanan pembelajaran menyerupai Kelas Maya, Lab Maya, Sumber Belajar, dan Peta Budaya.

Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi miliki Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sanggup diakses dengan alamat URL http://belajar.kemdikbud.go.id. 

Baca Juga : Cara Terbaru Registrasi Akun Di Rumah Belajar

Portal ini menyediakan banyak sekali materi berguru dan akomodasi komunikasi dan interaksi antarkomunitas pendidikan, materi berguru untuk pendidik dan akseptor didik, bank soal, dan konten-konten budaya pada fitur Peta Budaya dengan cita-cita fitur-fitur tersebut sanggup dimanfaatkan seluas-luasnya oleh pendidik, akseptor didik, dan masyarakat umum untuk berguru dan dalam acara pembelajaran.

Rumah Belajar sebagai salah satu sistem pembelajaran interaktif diperlukan akan mempercepat penguasaan materi akseptor didik sehingga meningkat kualitas akseptor didik Indonesia.
Rumah Belajar sebagai Sistem Manajemen Pembelajaran atau (SMP) atau Learning Management System (LMS) bermanfaat untuk meningkatkan standar

proses pembelajaran dalam rangka memaksimalkan efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran. Peningkatan penggunaan sistem ini semakin terbuka peluangnya alasannya yaitu adanya tuntutan pendidikan yang harus terintegrasi TIK.

Melalui Rumah Belajar sanggup dilakukan pengelolaan materi pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran berbasis web. Kelebihan sistem ini yaitu membuka peluang berguru kepada akseptor didik dengan waktu yang lebih panjang dan lebih leluasa, meningkatkan interaksi akseptor didik dengan pendidik tidak hanya terbatas pada jam sekolah.

Portal Rumah Belajar hadir untuk mendukung dan menyediakan fitur, media, dan konten pembelajaran bagi pendidik, akseptor didik, dan masyarakat. Beberapa teladan fitur yang dimaksud antara lain Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang berfungsi sebagai alternatif rujukan Bahan-bahan berguru berupa buku-buku pelajaran yang sanggup di download dan fitur Peta Budaya yang memuat konten mengenai pengetahuan aneka ragam budaya di Indonesia yang sanggup menumbuhkan dan meningkatkan kecintaan serta kepedulian akseptor didik, pendidik, maupun masyarakat umum terhadap budaya dan cagar budaya di Indonesia. 

Baca Juga : 8 Fitur Utama Portal Rumah Belajar Kemdikbud.go.id

Kesemua konten tersebut sanggup diakses pribadi secara online maupun offline (mengunduh file materi atau konten dari portal Rumah Belajar) dengan cita-cita adanya Rumah Belajar ini sanggup menambah pengetahuan serta literasi bagi akseptor didik, pendidik, maupun masyarakat umum dalam melaksanakan acara pembelajaran kapan saja, di mana saja, dan sanggup diulangi sebanyak sesuai keinginan pengguna.

Secara lengkap, Rumah Belajar terdiri dari delapan fitur utama yaitu Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik (BSE), Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)/Diklat Online, dan Kelas Maya. Terdapat pula fitur perhiasan yaitu Karya Komunitas, Karya Pendidik, dan Karya Bahasa Sastra.

Untuk sanggup memanfaatkan fitur-fitur pada portal Rumah Belajar secara lengkap dan optimal, pengguna harus mempunyai jaringan internet dan beberapa perangkat teknologi lainnya menyerupai komputer beserta perangkat lunak (software) pendukung, di antaranya, yaitu Adobe Acrobat Reader, WinRar, maupun Adobe Flash 9 Player.

Rumah Belajar ditujukan untuk akseptor didik, pendidik, masyarakat umum, serta siapapun yang mau belajar. Portal Rumah Belajar diperlukan sanggup menjadi milik komunitas dengan pengisian konten/media yang berprinsip “dari dan untuk” komunitas belajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam hal ini yaitu Pustekkom, berperan sebagai inisiator, Pendidik, dan regulator.

Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan alamat url http://belajar.kemdikbud.go.id. Portal Rumah Belajar menyediakan banyak sekali macam fitur yang sanggup dimanfaatkan untuk acara pembelajaran di sekolah.

Fitur utama Rumah Belajar antara lain: 


(1) Sumber Belajar;
(2) Buku Sekolah Elektronik (BSE);
(3) Bank Soal;
(4) Laboratorium Maya;
(5) Peta Budaya;
(6) Wahana Jelajah Angkasa;
(7) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan; dan
(8) Kelas Maya. Selain fitur utama,

Ada pula beberapa fitur pendukung, yaitu: (1) Karya Komunitas; (2) Karya Pendidik; dan (3) Karya Bahasa dan Sastra.

Konten-konten dan media pembelajaran yang tersedia di Rumah Belajar tersebut sanggup dimanfaatkan oleh pendidik, akseptor didik, dan masyarakat dalam belajar. Masing-masing fitur dalam portal Rumah Belajar mempunyai karakteristik yang berbeda sehingga pola pemanfaatan tiap fitur pun sanggup berbeda. Oleh alasannya yaitu itu, perlu disusun pedoman pemanfaatan fitur-fitur Rumah Belajar.

Secara khusus, pedoman pemanfaatan Rumah Belajar dalam pembelajaran bertujuan untuk:


  1. Mempermudah pengguna Rumah Belajar dalam memanfaatkan banyak sekali fitur di dalamnya.
  2. Menjadi pedoman bagi pendidik dan akseptor didik untuk melaksanakan pembelajaran berbasis TIK dengan memanfaatkan fitur-fitur pada Rumah Belajar.
  3. Menumbuh-kembangkan kecerdikan pekerti akseptor didik melalui pemanfaatan fitur-fitur pada portal Rumah Belajar.
  4. Menumbuh-kembangkan budaya literasi di sekolah melalui pemanfaatan fitur-fitur pada portal Rumah Belajar untuk meningkatkan minat baca dan menunjang acara pembelajaran.
Baca Juga : Model Dan Metode Pemanfaatan Fitur Rumah Belajar


Sasaran

Sasaran pemanfaatan fitur-fitur pada portal Rumah Belajar yaitu akseptor didik, pendidik, tenaga kependidikan, orangtua, dan/atau pihak-pihak terkait dengan acara pembelajaran di sekolah serta semua pengguna Rumah Belajar.


Demikianlah artikel yang membahasa tentang Pedoman Dan Petunjuk Pemanfaatan RUMAH BELAJAR KEMDIKBUD, Semoga bermanfaat bagi Bapak Ibu guru sekalian.

Eksperience is the best teacher...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel