Skb Cpns 2020 : Buku Modul Pkp Guru Ips Edisi 2019/2020 | Download



PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) MELALU PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) BERBASIS ZONASI

MATA PELAJARAN IPS
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)


Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan.

Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, menciptakan kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun kekerabatan dengan melibatkan kegiatan mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.

Untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Sekolah Menengah Pertama yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon dalam zonasinya, sanggup terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru.

Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, menyerupai status pengakuan sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.

Guru  profesional memegang peranan yang sangat penting dalam memilih prestasi penerima didik. Penelitian mengatakan bahwa 30% prestasi penerima didik ditentukan oleh faktor guru. Dengan demikian maka guru harus senantiasa meng-update dirinya dengan melaksanakan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Jika jadwal Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebelumnya didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional, maka Program Peningkatan Kompetensi

Pembelajaran Berbasis Zonasi lebih berfokus pada upaya memintarkan penerima didik melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berbasis zonasi ini dilakukan mengingat luasnya wilayah Indonesia.

Zonasi diharapkan guna memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, sehingga peningkatan pendidikan sanggup berjalan secara masif dan sempurna sasaran.

Unit Pembelajaran yang sudah tersusun diharapkan sanggup meningkatkan pembelajaran. Unit Pembelajaran yang dikembangkan dikhususkan untuk Pendidikan Dasar yang dalam hal ini akan melibatkan KKG SD dan MGMP SMP.

Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh tim penyusun yang berasal dari PPPPTK, LPMP, maupun Perguruan Tinggi dan banyak sekali pihak yang telah bekerja keras dan berkontribusi positif dalam mewujudkan penyelesaian Unit Pembelajaran ini. Semoga Allah SWT senantiasa meridai upaya yang kita lakukan.

Semoga Unit Pembelajaran ini bisa menginspirasi guru untuk mengembangkan materi dan melaksanakan pembelajaran dengan berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Semoga Allah SWT senantiasa meridai upaya yang kita lakukan.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan,
Dr. Supriano, M.Ed.

Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar
Bapak PRAPTONO

DOWNLOAD BUKU MODUL PKP GURU IPS EDISI 2019/2020 


Dalam buku modul PKP Mata Pelajaran IPS ini terdiri dari 5 Unit Pembelajaran, Diantaranya :

KD Unit pembelajaran 1 LETAK WILAYAH, KEADAAN ALAM DAN
PERUBAHAN KERUANGAN
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan insan (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik

4.1 Menyajikan hasil telaah perihal perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negaranegara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan insan (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.

3.1Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, insan dan pengaruhnya terhadap pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusiadalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik

4.1 Menyajikan hasil telaah perihal perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negaranegara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan insan (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial,budaya, politik

KD Unit pembelajaran 2 KEADAAN PENDUDUK INDONESIA
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan insan dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.

4.1 Menjelaskan konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, tumbuhan dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap
kehidupan insan Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.

KD Unit pembelajaran 3 NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, insan dan pengaruhnya terhadap pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusiadalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

4.1 Menyajikan hasil telaah perihal perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan insan (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial,budaya, politik.

Penyusunan unit pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesioal guru dalam mengajarkan kompetensi dasar tersebut, serta sebagai materi mencar ilmu berdikari bagi penerima didik untuk meningkatkan hasil belajar.

Selama mempelajari unit pembelajaran ini, guru dan penerima didik didorong untuk mengaitkan antara kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa dengan kondisi aktual yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari.

Download Buku Modul PKP IPS di sini 

Demikianlah artikel mengembangkan tentang DOWNLOAD BUKU MODUL PKP GURU IPS EDISI 2019/2020, semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel