Skb Cpns 2020 : Pengertian, Unsur Dan Adat Dalam Diskusi

www.haloprofesi.com

Pengertian Diskusi


Diskusi ialah salah satu bentuk acara untuk bertukar pikiran dan pendapat, yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih untuk memecahkan problem dan mencapai janji bersama, dengan berdiskusi kita juga sanggup memperluas dan memperkaya wawasan kita.

Dalam sebuah diskusi , diharapkan adanya seorang ketua / pemimpin diskusi, moderator / pemandu, sekretaris, peserta, pembicara diskusi, dan pengamat. Untuk diskusi formal, semua unsur harus ada, sedangkan untuk diskusi kecil terkadang tidak ada pengamat.

Selain itu, pemandu dan pembicara terkadang dirangkap menjadi satu orang. Secara ringkas, penerbit unsur - unsur diskusi antara lain :

1 . Ketua diskusi / Moderator


Ketua / pemandu diskusi mempunyai kiprah antara lain : menciptakan persiapan diskusi, membuka diskusi, mengemukakan tujuan diskusi, menetapkan dan mengatur waktu diskusi , mengatur arus pertukaran pendapat , menjaga supaya minat akseptor tetap besar, dan menjaga supaya diskusi terus berjalan.

Pemandu diskusi juga haruslah mempunyai kepandaian untuk sanggup menghidupkan suasana, taktis berbicara, objektif, tegas, ramah, sabar, dan lugas.

2. Sekretaris / notulis


Sekretaris ataupun juga notulis mempunyai kiprah untuk mencatat proses pada ketika berjalannya diskusi, membantu kelancaran diskusi, dan bersama ketua dalam menyimpulkan hasil diskusi .

3 . Anggota / peserta


Peserta ataupun juga  anggota mempunyai kiprah untuk lebih aktif dalam mengikuti diskusi, menjaga kelancaran diskusi, dan juga tertib selama diskusi berlangsung .

4. Pembicara / panelis


Pembicara ( panelis ) berfungsi sebagai narasumber / penceramah / pemrasaran . Selain itu , pembicara memberikan makalah / prasaran.

Etika Diskusi


Dalam sebuah diskusi , hendaknya ada adat atau hal - hal yang harus diperhatikan . Untuk itu perlu ada hukum main yang terang . Setiap unsur yang terlibat dalam diskusi harus mengetahui, memahami , dan melakukan kiprahnya sesuai dengan kiprah dan tanggung jawabnya .

Hal - hal yang harus diperhatikan oleh ketua diskusi antara lain : 


  1.  memahami hukum main diskusi ; 
  2.  memimpin diskusi dengan sabar , ramah , jujur , dan tidak memihak ; 
  3.  menghargai setiap pendapat ; 
  4.  berbahasa yang efektif dan sopan ; 
  5.  menengahi problem apabila ada ketegangan ;
  6.  menyimpulkan pembicaraan yang dikemukakan akseptor ; 
  7.  bijaksana, tegas, dan disiplin.


Etika sekretaris antara lain : 


  1. tanggap, maksudnya sanggup cepat mengetahui , memahami , dan mengerti pokok - pokok pembicaraan ; 
  2. tangkas, maksudnya cekatan, sigap, dan gesit dalam memahami dan menangkap isi permasalahan ; 
  3. tangguh, maksudnya berpengaruh dalam pendirian dan prinsip ; 
  4. teliti, maksudnya hati - hati dan cermat dalam mencatat ide, gagasan, pandangan, ulasan, sanggahan atau tawaran . 


Etika akseptor diskusi antara lain : 


  1.  mempersiapkan diri sebaik - baiknya ; 
  2.  ikut serta dalam pembicaraan dengan penuh perhatian ;
  3.  peka terhadap teknik - teknik diskusi ; 
  4.  berbicara melalui moderator ; 
  5.  berbahasa dengan baik dan sopan ; 
  6.  tidak boleh memaksakan pendapat ; 
  7.  menyanggah berdasarkan bukti dan fakta yang sempurna ; 
  8.  menghindarkan hal - hal yang mengganggu diskusi .


Contoh - teladan kalimat dalam diskusi . 

  • Pemimpin dalam sebuah diskusi membuka diskusi " Saudara - saudara , perkenankanlah saya memberikan rasa terima kasih atas kesediaan Saudara sekalian dalam menghadiri pertemuan pada pagi hari ini . Oleh alasannya ialah semua yang diundang sudah hadir, diskusi pada pagihari ini segera saya buka . " ( ketok palu )
  • ''Sesuai dengan program yang telah ditentukan , problem yang akan kita diskusikan ialah . . . . " ( dan seterusnya ) 
  • Peserta yang hadir memberikan gagasan " Terima kasih kepada Saudara Moderator." "Saudara-saudara sekalian dalam kesempatan ini , saya akan membahas problem yang telah dikemukakan secara sekilas oleh pembicara mengenai . . . . ” ( dan seterusnya ) 
  • Peserta menyanggah pendapat akseptor lain “ Saya tertarik sekali akan uraian Saudara Yono perihal . . . Ada pendapat yang berdasarkan saya agak kurang lengkap , yaitu . . . . " ( dan seterusnya ) Diskusi sanggup berlangsung dengan baik apabila terjadi hubungan yang serasi di antara unsur - unsurnya .
Jika ingin mendapat info terkait dunia pendidikan dan pembelajaran, silakan mengunjungi situs www.wnputrio.com , di sana ada banyak pengetahuan umum yang sanggup kalian dapatkan.


Demikianlah Artikel yang membahas perihal Pengertian, Unsur dan Etika Dalam Diskusi, Semoga sanggup bermanfaat bagi kalian yang ketika ini sementara menempuh pendidikan.

Good luck, long life education

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel